Jangan Sungkan Mengundurkan Diri

Misalkan, kamu digaji jauh di bawah value yang kamu berikan kepada perusahaan tempatmu bekerja sekarang. Perlu nggak kamu merasa bersalah ketika kamu ingin keluar?

Enggak.

Sebuah “pekerjaan” adalah pengaturan kerja sama, timbal-balik ekonomis antara seorang tauke* dan seorang karyawan, give and take. Di saat kerja sama ini tidak menguntungkan secara ekonomis lagi kepada salah satu pihak, kerma ini berhenti.

Perusahaan akan memecatmu kalau kamu tidak lagi menjadi aset ekonomis bagi mereka, terlepas dari apakah mereka suka kepribadian kamu atau enggak. Demikian juga, nggak ada yang salah ketika kamu mundur jika kamu merasa kompensasimu tidak setara.

(Tapi ingat bahwa gaji bukan cuma satu-satunya faktor pertimbangan untuk memutuskan tetap berada di sebuah perusahaan atau tidak. Ada faktor kekeluargaan, faktor kerja keras dan niat baik, faktor altruisme, faktor kesenangan-menjelajahi-industri-baru, dan faktor kompensasi non-moneter lainnya.)

But, if salary is the one factor hindering your progress in your current company, you might try asking for a raise before you go.

– – – – –
*) employer

Tinggalkan komentar