Kutahu Yang Kau Mau

Kalau kalian pernah ngambil kerjaan freelancer, pasti pernah ketemu dong user yang mintanya macem-macem.

Kenapa? Karena user itu sendiri nggak tau dia pengennya apa.

User requirements specifies what the user expects the software to be able to do. Kalo yang nentuin fitur softwarenya adalah si user yang nggak tau apa-apa tentang proses desain, ya, jadinya…

“Mbak, saya mau dibikinin banner buat restoran baru saya ya. Buat dipajang di atas pintu masuk. Kalau bisa fontnya jangan yang biasa kayak Times New Roman tapi yang menarik kayak Jokerman atau Comic Sans. Terus warnanya pink biar memberi kesan restoran yang ramah dan lembut, sama backgroundnya ungu gelap supaya memberi kesan dapat dipercaya. Oh iya, ini adik saya sudah bikin draft desain di ukuran A4, tolong dipakai di bannernya ya.”

“Mas, saya mau sepatu yang ada rantainya ya.”
“Lho, buat apa, Mbak? Buat semacam parade kostum gitu?”
“Bukan, buat dipakai sehari-hari aja.”
“Oh, Mbak dari jurusan seni ya jadi butuh sepatu yang avant-garde?”
“Enggak. Saya anak industri kok. Saya cuma butuh sepatu yang ada rantainya soalnya uang saya sedikit.”
“Hah? Apa hubungannya uang sedikit sama sepatu ada rantainya?”
“Iya, Mas. Di kosan saya kalau sepatu ditaruh di luar, kadang dimaling orang. Tapi kalau sepatunya ditaruh di dalam, kamar saya jadi kotor. Jadi saya mau kasih rantai buat dipasang ke kaleng buat alarm.”
“… Mbak… Emm… Gimana kalo Mbak beli laci kecil yang bagian bawah raknya dialasin koran, lacinya ditaruh di dalam kamar, terus sepatu Mbak ditaruh di situ?”
“Wah, iya juga ya, Mas. Saya nggak kepikiran. Makasih, Mas. Bisa tolong buatkan laci nggak buat membuat sepatu saya aman?”
“Mbak… saya ini pengrajin kulit, bukan pengrajin kayu…”
“… Terus… Mas nggak bisa bikin sepatu yang aman dan nggak dicolong orang dong?”
“… Ya udah Mbak sini duitnya mana saya pesenin laci ke temen saya di toko sebelah.”

Tinggalkan Balasan

