Salahkah Comic Sans?

https://www.youtube.com/watch?v=GUCcObwIsOs

Benar, benar. “Comic Sans” itu sendiri nggak bersalah. Para fans yang salah menggunakannya-lah yang bikin orang-orang non-Comic-Sans membenci hal-hal yang berkaitan dengan CS.

## Rambut Harajuku
Rambut harajuku ‘kan nggak bersalah. Yang bikin orang-orang jijik dengan rambut harajuku adalah Andika Kangen Band yang menggunakannya dengan paduan muka, baju, dan kepribadian yang acak-acakan. Cloud FF pake rambut harajuku, terus dicat pirang, jadi idola banyak orang tuh.

## Baju V-neck
Baju V-neck ‘kan nggak salah. Cuma di Indonesia aja, gara-gara Smashblast yang nggak karuan[1], V-neck jadi turun derajatnya. Di negara-negara lain tempat V-neck dipakai oleh cowok-cowok keren, V-neck diasosiasikan dengan kegantengan tuh.

## What Makes You Beautiful
Lagu “What Makes You Beautiful” itu nggak salah. Malah liriknya keren BANGET, semacam /social commentary/ untuk cewek-cewek yang /insecure/ dengan penampilannya. “Kamu cantik lho. Kamu cerdas, tahan banting, rendah hati, dan altruis. You are worth more than what you think. Kamu nggak perlu membuktikan diri ke siapa-siapa. Foto ‘natural’ yang kamu liat di Instagram itu sama sekali nggak natural[2] dan jadi sarana nge-flaunt kecantikan mereka. Sementara cewek lain catokan sejam dan bedakan satu senti tiap pagi, pagimu kamu habiskan untuk belajar hal-hal baru dan menulis. Sini sini nikah sama Abang aja. Kamu mah dimodalin 10 juta sebulan juga cukup buat jadi lebih cantik dari mereka. Receh mah itu buat Abang. Tapi dikasih segitu pun kayaknya bakal habisin beli buku dan nyumbang aset ke panti asuhan, sesuatu yang bikin cinta Abang tambah mekar merona.”

“Jelek”-nya Comic Sans itu adalah “`konstruk sosial“` karena orang-orang yang ngerti desain lelah melihat Comic Sans disalahgunakan oleh orang-orang yang baru tau bahwa ada fitur ganti font di Microsoft Office.

> Jangan salahkan typeface-nya.
> Salahkan desainernya.

 

[1] http://kami-anti-smas.blogspot.co.id/2012/02/fakta-smashblash.html

[2] http://time.com/4167856/essena-oneill-breaks-silence-on-quitting-social-media/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s