Jawaban Soal Logika Jeriken

SOAL:
Ada jeriken berukuran 8 liter, 5 liter, dan 3 liter. Bagaimana caranya mengisi air dengan volume tepat 4 liter ke dalam jeriken 8 liter?

.

.

.

.

JAWAB:
1. Orang haus: Penuhin jeriken 5L, minum seliter. Pindah sisanya ke jeriken ukuran 8L.

2. Orang haus banget: Isi penuh jeriken 8 liter, minum tepat 4 liter tanpa peduli konsep ‘marginal utility’

3. Orang lingkungan: Isi penuh jeriken 8 liter, 4 liternya buat nyiram tanaman supaya sustainabilitas alam terjaga

4. Orang ilmu tanah: Yaaah dikira-kira aja setengahnya isi jerry can lah. Wong rumus-rumus di ilmu kami aja pendekatan dan perkiraan semua.

5. Orang despro: Bikin jeriken transparan yang ada garis indikator volumenya buat dijual ke orang-orang yang bingung cara ngepasin isi jeriken 4 liter

6. Orang bisnis: Ngisi semua jeriken supaya nggak bolak-balik ke sumur. Kalau perlu bawa jeriken lagi yang banyak supaya airnya bisa dijual.

7. Orang arsitektur: Ke rumah terdekat pinjem timbangan tepung. Ntar bisa ditimbang, soalnya seliter air itu beratnya 1kg. Kalau nggak ada rumah? Ya udah beli tanahnya buat bikin rumah sendiri.

8. Orang tekkim: Isi bensin 4L ke jeriken 8L, tambahin air sampe penuh. Nggak apa-apa ada campuran minyaknya, yang penting volume air pas 4 liter dan misi terselesaikan.

9. Orang farmasi: Beli air distilasi 4 liter, masukin ke jeriken 8L. Disimpen di suhu kamar, buat bahan praktikum.

10. Orang pengelolaan sumber daya air: Bilang “Yaelaaa Sist gini aja pake jeriken. Sini gue tuangin airnya. Pas 4 liter kok. Paling cuma beda berapa tetes.”

11. Orang plano: Ke rumah orang arsitektur yang tadi udah dibangun, buat pinjem timbangan. Terus nawarin kerja sama bikin perumahan.

12. Orang teknik telekomunikasi: Telepon orang PSDA buat minta tolong nuangin air ke jeriken.

13. Orang manajemen: Kagum atas inovasi orang bisnis ama orang despro, terus bikin perusahaan air minum dalam kemasan berbentuk jeriken

PENJELASAN:
Karena perilaku konsumen itu terapan dari sosiologi, sosiologi itu terapan dari psikologi, psikologi itu terapan dari biologi, biologi itu terapan dari kimia, kimia itu terapan dari fisika, fisika itu terapan dari matematika, dan matematika itu kumpulan pemikiran orang-orang iseng.

TAMBAHAN:
10. Orang IT: Ambil pake jeriken 5L, isi jeriken 3L sampai penuh, sisanya sebesar 2 liter dipindahin ke jeriken 8L. Ulangi dua kali. Sekarang jeriken 8 liter akan tepat berisi air bervolume 4 liter. Terus masukin soal ini dan berbagai variannya ke materi pelatnas OSN informatika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s