perludibaca

Aku Tau Kok

perludibaca.JPG

AKU TAU KOK
Kalau dia punya 200 juta.
Dan kamu cuma punya 100 ribu.

Aku juga tau
100 ribumu itu sisa uang jajan dari ortu
yang aslinya 10 juta sebulan.
Tapi kamu pake hedon.

Sepatu Air Jordan 1 padahal kaki bau jengkol,
perawatan Erha padahal tidur nggak cuci muka,
Digivice Bandai tapi ditaro di lantai terus keinjek,
minum Grey Goose tapi nggak tau bahan vodka,
konser Maroon 5 tapi ngira vokalisnya Adam Smith,
hape Xperia Z5 tapi nggak bisa nyalain Bluetooth,
kamera Canon EOS tapi cuma tau format .JPG,
buku Moleskine tapi nulis “aktifitas” ama “tata tertip”,
arloji Rolex tapi KW-super dari Tanah Abang,
laptop Alienware cuma dipake maen Farmville,
ngegim Gold’s Gym tapi sehari donat selusin,
gitar Les Paul tapi taunya cuma kunci C-Am-Dm-G,
foto Louvre tapi ngira Donatello itu nama kura-kura,
kolektibel NEO DX tapi nontonnya stop di Alabasta.

Aku juga tau
Dia itu punya 200 juta hasilnya sendiri.
Udah belajar ngurus duit dari kecil.

Umur 12 jual pulpen yang warna tintanya dicampur.
Umur 13 bikin kue duren tapi rasanya nggak enak.
Umur 14 jual jasa modif tamiya tapi trennya ganti.
Umur 15 patungan buka warnet tapi bangkrut.
Umur 16 akhirnya nyerah nyobain usaha halal.
Umur 17 jualan ganja tapi kena ciduk masuk DPO.
Umur 18 distributor VCD bokep tapi… beban moral.
Umur 19 ikut MLM lokal tapi nggak balik modal.
Umur 20 les bahasa Inggris biar bisa jadi TKI aja.
Umur 21 jualan batu akik tapi nggak ada yang beli.
Umur 22 nyoba desain sama nulis biar jadi editor.
Umur 23 jadi programer karbitan buat kerja di US.
Umur 24 bikin kafe sendiri pake tema bajak laut.
Umur 25 bikin startup bidang teknologi kesehatan.

Kamu kira ngirim pulsa 100 ribu bikin aku naksir,
padahal enggak pun aku (dulu) baper ama kamu.
Dia ngasih 200 ribu buat jasa ngoreksiin cerpen,
padahal aku nolak-nolak soalnya temen sendiri.

Iya, aku jatuh cinta ama dia karena 200 jutanya.
Ama karakter yang kebentuk selama ngumpulin,
dan prinsip tegas dia waktu mau ngeluarin duit.

Dia bayar mahal buat tanda apresiasi,
bukan nyari gengsi, apalagi buat manipulasi.

Tapi yang paling penting…
Dia nggak ngukur martabat orang
dari jumlah saldo di rekening.

Nggak kayak kamu.
Pasif-agresif.
Spoiled.
Wek.

Tinggalkan Balasan

