Re: Isu Kenaikan BBM

Hai! Seperti yang sebelum-sebelumnya, beberapa tulisan saya adalah tanggapan terhadap sebuah utas (= thread) di Facebook. Mungkin karena saya percaya media sosial adalah wadah untuk mencerdaskan orang-orang techie. Isunya sudah outdated, tapi saya akan tetap memasukkan ini ke blog saya, karena jarang-jarang ada orang yang baca utas tentang kajian isu publik di grup HMIF, apalagi memberikan 13 jempol, hahahahahah…

Here.

 

bbm

One thought on “Re: Isu Kenaikan BBM”

  1. Aku bahkan tidak mengetahui ada diskusi ini. Luar biasa tidak pedulinya diriku ini.

    Mau menambahkan beberapa butir setelah membaca diskusi di atas.
    Pertama, tidak ada yang mengetahui keuangan negara. Subsidi besar? Seberapa besar? Orang miskin? Berapa banyak? Hati-hati dengan semua argumen yang pro dan kontra karena kurang punya kekuatan. Pemerintah pasti sudah melakukan yang terbaik. Berita korupsi banyak sekali di media, tetapi berita apa yang dilakukan pemerintah untuk menjalankan negara ini hampir tidak ada.

    Kedua, pengurangan subsidi BBM ini tidak mengurangi permintaannya (dikutip dari ekonom yang tampil di Economic Challenge Metro TV 7 Juli 2013). Mengapa? Masyarakat tidak punya pilihan lain. Transportasi umum? Investasi pemerintah di transportasi umum sangatlah kurang. Aku senang naik busway di Jakarta, tetapi tidak di Bandung. Omong-omong apa sebenarnya “moda” Ki?

    Ketiga, pemerintah Indonesia senang mengubah harga. Ingat saja sudah berapa kali harga Premium berubah tambah lagi UMR Jakarta yang belum lama berubah. Aku merasa pemerintah lebih senang memakai cara cepat dibandingkan cara bertahap. Bertahap di sini adalah investasi infrastruktur ekonomi. Infrastruktu ekonomi yang baik akan menarik investasi yang baik pula dan akan berujung pada kebaikan masyarakat.

    Keempat, percayalah pada masa depan Indonesia. Menurut majalah SWA edisi Januari 2013 ekonomi Indonesia baik. Jumlah masyarakat menengah Indonesia naik jumlahnya. Beberapa dirut perusahaan juga optimis dengan ekonomi Indonesia. Aku sendiri melihat setelah pengurangan subsidi BBM ini tidak banyak demo yang terjadi. Itu tanda ekonomi baik dan akan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

