anjirbanjir

“Anjir” Berubah Makna

Berdasar artikel “Tesaurus” di Soul of Campus edisi ini (Okt-Nov 2012), kata ANJIR artinya “terusan; saluran (air); kanal”.

Setelah melihat kata anjir itu ada di KBBI, langsung saja kesan bahwa “‘anjir’ adalah kata umpatan” hilang dari benakku.

Tiba-tiba “anjir” jadi sebuah kata biasa. Tidak mengandung kebencian, kemarahan, maupun kekesalan. Sekadar kata benda. Bahkan, ngatain orang “Kanal lu ya!” itu terdengar lebih kasar ketimbang “Anjir lu ya!

Sama kayak kita ngatain temen cewek yang jarang pake sepatu ke kampus: DASAR PEREMPUAN SANDAL!!! Atau saat temen kita minta ditraktirin makan di Bebek Garang, kita memilih untuk jawab: I DON’T GIVE A DUCK!!!

Aku juga berusaha keras untuk tidak mengumpat; sayangnya, kata-kata umpatan itu mudah diingat dan, sekali diucapkan, membuat kita selalu mengulang-ulangnya. Refleks. Sama kayak waktu kita mendadak dicubit Dona, kita akan sontak teriak “Auu!”, bukannya malah bilang “Wow gitu!”.

Eufemisme.

Jika digunakan dengan benar, refleks umpatan bisa menjadi hal yang menghibur. Ibu warung “Tenda Biru” di Cisitu Lama selalu melatahkan nama hewan amfibi (biasanya kodok, kadang kadal atau kura-kura) saat beliau kaget atau lupa nama orang. Justru, karena kelatahan itu, orang-orang jadi makan di situ untuk mendapat kesempatan langka mendengar beliau latah.

Jadi, solusi untuk menghindari “mengumpat” adalah dengan mencari substitusi untuk kata-kata yang mengkonotasikan emosi negatif. Sebagai anak terdidik, kita harusnya bisa menemukan banyak frasa pengganti kata-kata negatif. Misalnya, untuk ngatain orang yang “omong kosong”, kita bisa menggunakan “Kotoran banteng!” atau, supaya kelihatan lebih terdidik, “Syncerus faeces!”

2 thoughts on ““Anjir” Berubah Makna”

  1. Ibu tenda biru cisitu lama….hahaha. saya dan temen teman sampai sekarang memanggil nama tmpat itu jadi “warung bu kodok” melihat begitu seringnya kami mendapati dan melatahi si ibu sampai terkodok-kodok. Menyenangkan membaca blog anda. Seru sekali pengetahuannya luas banget. Keep sharing🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s