Kode Awalan NIM Jurusan ITB

Berikut adalah sistem Nomor Induk Mahasiswa yang digunakan di ITB. Saya kesel karena nyari di internet gak ketemu. Ya udah, bikin sendiri.

Di awal masuk TPB, tiap mahasiswa akan punya NIM yang mengandung informasi nama fakultas/sekolah, tahun masuk, dan nomor urut.

16509227 artinya STEI – Tahun Masuk 2009 – Nomor Urut 227

160 FMIPA, Fakultas Matematika dan IPA

161 SITH, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati

162 SF, Sekolah Farmasi

163 FITB, Fakultas Ilmu dan Teknik Kebumian

164 FTTM, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

165 STEI, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

166 FTSL, Fakultas Teknologi Sipil dan Lingkungan

167 FTI, Fakultas Teknologi Industri

168 FSRD, Fakultas Seni Rupa dan Desain

169 FTMD, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

190 SBM, Sekolah Bisnis dan Manajemen

199 SAPPK, Sekolah Arsitektur (dan) Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan

Ketika penjurusan di tingkat dua, tiap mahasiswa (kecuali SBM, yang gak pake penjurusan) akan mendapatkan NIM baru.

13509058 artinya Teknik Informatika – Tahun Masuk 2009 – Nomor Urut 058

101     MA     Matematika

102     FI     Fisika

103     AS     Astronomi

104     BM     Mikrobiologi

105     KI     Kimia

106     BI     Biologi

107     STF    Sains dan Teknologi Farmasi

108     ME     Meteorologi

109     OS     Teknik Oseanografi

112     BE     Rekayasa Hayati

116     FKK     Farmasi Klinik dan Komunitas

120     GL     Teknik Geologi

121     TA     Teknik Pertambangan

122     TM     Teknik Perminyakan

123     TG     Teknik Geofisika

125     MG     Teknik Metalurgi

128     ME     Meteorologi

129     OS     Oseanografi

130     TK     Teknik Kimia

131     MS     Teknik Mesin

132     EL     Teknik Elektro

133     TF     Teknik Fisika

134     TI     Teknik Industri

135     IF     Teknik Informatika

136     AE     Aeronotika dan Astronotika

137     MT     Teknik Material

144     MRI Manajemen Rekayasa Industri

150     SI     Teknik Sipil

151     GD     Teknik Geodesi dan Geomatika

152     AR     Arsitektur

153     TL     Teknik Lingkungan

154     PL     Perencanaan Wilayah dan Kota

155     KL     Teknik Kelautan

170     SR     Seni Rupa

171     DS     Desain

172     KR     Kriya

173     DI     Desain Interior

174     DKV    Desain Komunikasi Visual

175     DP     Desain Produk

180     EP     Teknik Tenaga Listrik

181     ET     Teknik Telekomunikasi

182     II     Sistem Teknologi dan Informasi

190     SBM    Sekolah Bisnis dan Manajemen

12 thoughts on “Kode Awalan NIM Jurusan ITB”

  1. share yang kudapat dari dosen yah🙂
    sebenernya buat yg NIM jurusan itu ada maknanya lagi lho Bang Oki…
    angka pertama kan angkatan, angka kedua itu kode departemen, dan angka ketiga urutan jurusan/prodi di departemen tersebut
    departemen ini sebelum ITB pake sistem fakultas/sekolah
    jadi misalnya 135 itu -> S1, departemen 3 (Dep. T. Industri), jurusan 5 (T. Informatika)
    hehehe, just share yah~ GBU

  2. Wah. Aku juga baru tau. 135 itu Informatika dan 132 itu Elektro… Sepertinya mereka tidak sedepartemen deh:\

    Atau aku yang salah konsep tentang “departemen” ya?

    1. Dulu jaman saya kuliah, kelompok 13x itu memang kode jurusan di Fakultas Teknologi Industri. X= 0 adalah TK, 1 =MS, 2=EL, 3=TF, 4=TI, 5=IF, 6=PN, 7=MT. Sementara 10x kode jurusan Mipa, 12x adalah kode Fakultas Teknologi Mineral, 15x adalah kode Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, sementara kode 17x adalah kode FSRD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s