Pustaka, Manage and Share Your Book Collection

Seperti yang saya bilang sebelumnya, tujuan aplikasi ini adalah memberikan kemudahan bagi para kutu buku, termasuk saya sendiri, untuk mengelola dan membagikan koleksi buku yang dipunyai.

Kadang, kita tidak tahu bahwa teman dekat kita sama-sama suka baca buku karangan seseorang.

“Wah, lu gak bilang sih kalo punya banyak koleksi bukunya?”
“Lah, lu gak tanya sih.”
“Ya lu gak bilang punya koleksi sendiri.”
“Salah lu gak tanya.”

Kalau kita langsung tanya “Hai, punya buku apa?”, malah kita yang akan dikira punya tingkat keponity yang tinggi. Pertanyaan semacam, “Eh, gw main ke kamar lu dong, mau cari buku nih,” jelas akan merusak nama baik para kutu buku seluruh dunia. Lalu, gimana caranya tahu buku apa ada di toko buku apa di daerah mana?

Aplikasi ini jawabannya. Dengan fitur geolocation, kamu bisa menemukan buku-buku keren terdekat, baik dari teman, perpustakaan, maupun toko buku.

Kenapa namanya ‘Pustaka’? (1) Karena pustaka adalah padanan dari istilah ‘library’ dan (2) karena saya adalah seorang pejuang kemerdekaan bahasa Indonesia yang ingin bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa dunia.

Jadi, berhubung saya sudah tingkat empat di institut gajah, apakah saya berencana menjadikan program ini sebagai topik tugas akhir? Mungkin saja. TA saya mungkin adalah pengembangan atau versi lain dari aplikasi ini. (Yea, saya baru akan ngambil TA semester depan. Masih pengen jalan-jalan untuk ngambil mata kuliah umum dan bisnis di kampus ini.)

Baiklah, ini rencana awalnya: ini adalah layar notifikasi dari program itu. Dari isi layar ini, harusnya udah bisa dong ya ditebak aplikasinya bakal kayak gimana. Layar-layar yang lain menyusul.

Selasa, 28 Agustus, 2pm

Ini adalah contoh tampilan notifikasi, yang akan muncul sewaktu-waktu di pojok kanan atas layar secara’real-time’ *tuing*

Selasa, 28 Agustus, 11pm

Ini adalah halaman awal untuk Windows 8. Ada “Live Tiles” yang akan bergerak-gerak setiap waktu. Karena gambar tidak bisa menampilkan animasi, jadi kutaruh semua gambar yang akan tampil.

Rabu, 29 Agustus, 10am

Ini adalah tampilan halaman awal program, “halaman hub”. Lewat layar ini, pengguna bisa melihat sekilas seluruh fitur dari program ini, meliputi jadwal baca, “rak” yang sebenarnya merupakan sebuah “folder” untuk kumpulan buku, dan “library” yang memungkinkan pengguna mengelola seluruh daftar buku yang dia punya.

Rabu, 29 Agustus, 4pm

Halaman hub kedua, yang sebenarnya adalah halaman lanjutan dari halaman hub di atas. Pengguna bisa melihat seluruh seni-sampul dari buku-buku dalam koleksinya, serta melihat buku baru dan kutipan baru dari teman-teman.

Rabu, 29 Agustus, 6pm

“Whew. Aku sudah selesai baca isi rak ini nih. Buku apa lagi ya yang bagus buat dibaca minggu ini?” “Bagus banget nih kata-kata di buku ini. Kutip ah.”

Kamis, 30 Agustus, 8am

“Saya kepingin dibeliin buku apa” dan “Siapa saya”.

Kamis, 30 Agustus, 9am

Kamis, 30 Agustus, 10am

Kamis, 30 Agustus, 1pm

One thought on “Pustaka, Manage and Share Your Book Collection”

  1. Protein from plants tend to work very well as snacks throughout the day.

    ” Women like to build their muscles up, because they believe it makes them look good and helps them shed pounds. At times, and especially for beginners, bodybuilding may be very challenging.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s