Menambah Tombol Facebook ‘Me Gusta’ di Situs

Jadi, sudah sekitar 2 minggu ini saya ngoprek satu per satu bagian WordPress untuk persiapan membuat plugin dan tema. Lama sih, tapi worth it.

Sejak WordPress 3.0, ada fitur baru yang namanya Menu. Di Menu ini, kita bisa menggabungkan kiriman, kategori, halaman, tag, dan tautan.

TAPI… ada hal yang baru saya sadari. Menu tautan punya tiga sawah (field): link, label, dan custom. Label diinterpretasikan sebagai HTML biasa, yang artinya, kita bisa masukin GAMBAR, SCRIPT, bahkan IFRAME sebagai label. #barunyadar

Jadi, untuk nambahin gambar di bilah navigasi, kita tidak perlu menyentuh berkas .php dari tema; kita hanya perlu nambahin HTML di Menu WordPress.

Trik ini langsung saya terapkan di salah satu situs bimbingan saya, PMK ITB. Oke, untuk membuat ikon jejaring sosial yang seragam, akhirnya saya bikin gambar-gambar ikonik di Corel, bentuk PNG, warna #f00. Ada gambar logo Facebook, Yahoo! Mail (mailing list PMK ITB), Twitter @pmkitb, Issuu (arsip majalah digital PMK ITB), Rana (halaman Facebook PMK ITB yang khusus buat nyimpen gambar), sama YouTube PMK ITB.

Tada…

Selanjutnya, bikin tombol ‘Me Gusta’. Sama sekali gak susah kok. Tinggal ikutin referensi di situs pengembang Facecbook, pilih bahasa Spanyol (es_ES) sebagai bahasa plugin, pilih tipe sematan ‘IFRAME’, lalu jadilah tombol ‘Me Gusta’. Hahahahaha…

Tombol ‘Suka’ itu akan tetap berlabel ‘Me Gusta’ terlepas dari pengunjung kamu sedang melihat situs dengan Facebook yang ter-login dalam bahasa apa.

Sweet.

2 thoughts on “Menambah Tombol Facebook ‘Me Gusta’ di Situs”

    1. Waah, sayang sekali, Adin😀 Asyik lho maenan HTML.

      Tapi, yah, kalo latar belakang pengalaman desainnya gak bagus, kemampuan HTML kamu tidak akan bisa maksimal.

      Udaah, lu spesialisasi C++ aja. Banyak lho orang yang butuh aplikasi efisien dan powerful.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s